Kamis, 09 Juli 2015

Masalah dan tips "Mahasiswa Baru"



Bagi para siswa SMA yang baru selesai Ujian Nasional dan sedang sibuk mencari berbagai universitas-universitas negeri maupun swasta yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Banyak siswa SMA berpikir bahwa dunia perkuliahan itu asik, bebas, tempatnya anak-anak gaul, dll. Namun apakah iya dunia perkuliahan itu seperti apa yang mereka pikirkan kebanyakan? Iya memang, dunia perkuliahan sungguh mengasyikan dan penuh dengan cerita juga pengalaman yang baru pastinya. Tapi ingatlah suatu pilihan yang kita pilih pasti mempunyai sisi yang dianggap mengasyikan dan membosankan.
Banyak diantara mereka kaget setelah masuk dalam dunia perkuliahan, yang sesungguhnya bukan apa yang mereka pikirkan sebelumnya. Tugas yang banyak, teman-teman baru yang asing dan adaptasi yang lama dengan lingkungan yang baru membuat kita kuper alias kurang pergaulan. Ini adalah beberapa masalah yang dialami oleh mahasiswa-mahasiswa baru,

  • Ospek yang menyebalkan


Masa Bimbingan Mahasiswa Angkatan '13 UPI Kampus Purwakarta


Banyak universitas-universitas negeri maupun swasta mengharuskan mahasiswa baru mengikuti ospek. Bukan hal-hal dalam ospek yang membuat kita sebal tapi senior-senior yang seakan balas dendam dengan apa yang mereka rasakan sewaktu ospek. Mahasiwa baru seolah menjadi objek senior untuk membalas dendam.
Undang-undang senior
1)      Senior tidak pernah salah,
2)      Jika senior salah kembali ke nomor satu,
Hal diatas memang sering kita dengar, sebagai mahasiswa baru pasti ada rasa takut kepada senior. Mereka menganggap mereka paling benar, membuat kita sebal dan benci terhadap perilaku mereka. 
Ospek pembodohan


Tips untuk menghadapi senior, kita harus santai atau stay cool, kalian jangan takut apabila melakukan kesalahan. Banyak mahasiswa baru merasa takut dihukum apabila melakukan kesalahan. Hadapi dengan jantan ketika kita melakukan kesalahan jadilah seorang yang berani mengakui kesalahan. Percayalah kalau senior tidak akan memberi hukuman yang berat. Dan jangan mau di salahkan jika kalian merasa benar, ketika kalian disalahkan dan kalian diam seolah tunduk kepada senior berarti kalian terlihat lemah dimata mereka tunjukan rasa perlawanan kalian yang pastinya dengan sopan dan santun, yaa jangan asal ngelawan kalian bukan anak SMA lagi tapi sudah menjadi Mahasiswa (siswa yang maha).
  • Adaptasi dengan lingkungan kampus 
 
Sering terjadi permasalahan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, mereka masih terbayang-bayang masa SMA dengan segala suasana yang berbeda dengan kampus. Suasana kampus yang baru, dosen-dosen yang baru, lingkungan yang baru, orang-orang baru dan mata pelajaran yang pastinya baru membuat mahasiswa baru kadang stress dengan hal-hal itu.
Jadilah pribadi yang bersemangat

Coba jalani hal-hal baru itu dengan cara bergaul dengan elemen-elemen kampus, kadang sifat sok asik sangat dibutuhin dalam proses adaptasi dengan lingkungan baru. Jangan minder ataupun menutup diri, jadilah dirimu sendiri ataupun jangan menutupi sifat aslimu pada saat SMA, capailah hal-hal baru yang membuat dirimu bangga. Coba lakukan pendekatan dengan dosen-dosen biar dapet nilai gede ataupun penjaga kantin agar dapat kasbon ibu kantin,haha


  •  Teman-teman baru
Kebersamaan adalah keajaiban
Sebagai mahasiswa baru kadang kita masih malu-malu dan masih canggung dengan teman-teman se-angkatan kita. Kadang rasa ga enakan ataupun minder dengan style mereka yang berbeda dari kita, its okay! Itu hanya awal bro.. ingatlah sehabis ujan pasti kadang-kadang ada pelangi. Jadilah orang yang dapat menerima kelebihan dan kekurangan orang lain dengan kata lain jadilah fleksibel.
Percaya diri dengan style kamu, cara kamu dan perilaku-perilaku kamu, gausah lihat style orang lain jadilah dirimu sendiri itu lebih penting. Karena dengan rasa minder itu kalian akan tenggelam dalam keterpurukan, ciptakan suasana berbeda ketika kamu sedang berkumpul dengan teman. Kadang orang terlalu melihat keatas daripada melihat kebawah, maka sebaik-baiknya urusan adalah pertengahan ambilah jalan yang kalian anggap sebagai pilihan kalian tidak ada intervensi dari pihak lain karena kamu adalah kamu.


  • Waktu yang terbuang sia-sia

Bagi mahasiswa persoalan waktu adalah persoalan penting. Mahasiswa baru yang istilahnya sedang mengalami masa adaptasi atau masa pengenalan kampus mungkin sering mempunyai waktu kosong yang biasanya diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat lebih seringnya tidur, main game, baca-baca sosmed sampe jarinya keriting, update-update status ga jelas, stalking mantan *ehh 


Lampaui dirimu, carilah hal-hal baru yang membuatmu berbeda dengan yang lain

Carilah hal-hal yang membuatmu happy dan meningkatkan kualitasmu sebagai mahasiswa pastinya. Seperti ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau kalo di SMA disebut eskul, ikutilah eskul yang ada di kampus seperti eskul seni, olahraga, pecinta alam dan lain-lain untuk mengisi waktu luang yang terbuang sia-sia. Atau bisa juga manfaatkan waktu luang kamu buat hal-hal yang bisa ngehasilin uang sendiri, seperti jualan pulsa, reseller baju distro ataupun buka percetakan. Lihatlah peluang-peluang yang ada di kampus dan jadilah revolusioner. Karena masa kuliah 4 tahun kalua kamu habiskan hanya untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah rugi, carilah hal-hal yang bermanfaat pastinya.
“Kalau hidup sekedar hidup babi hutan juga hidup, jika kerja sekedar kerja kera juga bekerja” ~ Imam Ghazali

Begitulah beberapa permasalahan yang dihadapi mahasiswa baru. But don’t worry semua itu proses bro.. lo tinggal pilih mau ngehadapin pilihan lo atau nyerah dan pergi dengan pilihan lo. Kadang rasa bosen itu ada tapi itu adalah bagian dari proses, proses itu kaya sepeda kalo lo ga kayuh tuh sepeda maka lo hanya jalan di tempat doang, tapi kalo lo kayuh tuh sepeda walaupun pelan-pelan sepeda itu bakal jalan membawa lo ke tempat tujuan lo dan tempat tujuan lo itu adalah cita-cita lo. Cause everything’s gonna be okay bro…



“Hidup itu lebih dari Fun. Fun itu kadang jadi comfort zone, dan kita harus belajar untuk keluar dari itu” ~ Pravilian Panji Prastyo


1 komentar: